Selasa, 12 April 2011

WIMAX And Network Competition


Belakangan ini WIMAX menjadi perbincangan hangat dikalangan pengguna jaringan diseluruh dunia, khususnya di indonesia Karena pengguna internet di indonesia termasuk kedalam 5 besar dunia. Dengar kabar komunikasi data nirkabel yang saat ini didominasi oleh WIFI sebentar lagi akan tergeser dengan adanya Wimax.. luarr biasa..!!! karena Wimax memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas.
Beberapa Negara sudah mengaplikasikan jaringan ini namun untuk di Indonesia masih trial atau masih dalam tahap percobaan! Pengguna internet di Indonesia masih menggunakan jaringan 3G, WIFI dan jaringan kabel lainnya..dibawah ini saya tampilkan kekurangan dan kelebihan setiap device yang sudah saya bahas sebelumnya…

Yang pertama adalah 3G, jaringan ini biasanya digunakan di handphone dan atau smartphone lainnya..
Kelebihannya adalah dapat mengirimkan berbagai jenis data dengan cepat. Tidak hanya huruf dan angka tetapi juga gambar diam, gambar bergerak (video)n dan suara. Sehingga dengan kelebihan tersebut kita dapat menonton video musik dan klip video dengan foto yang jernih dan tajam, dibandingkan dengan teknologi 2.5G telepon sebelumnya.
Kekurangannya adalah tingkat keamanan yang masih kurang, harga yang cukup mahal, dari sisi pengguna hanya sesama 3G yang dapat menikmati fitur video conferencing dengan pelanggan lainnya.

Yang kedua adalah WIFI, Peranti ini umumnya digunakan untuk jaringan nirkabel termasuk di dalamnya adalah komputer, komputer genggam, PDA, telepon seluler, tablet PC dan lain sebagainya.
Kelebihannya adalah mampu mengurangi biaya untuk pemasangan dan perluasan jaringan karena jaringan ini dapat berjalan tanpa kabel, harga yang cukup ekonomis karena harga ship WIFI yang terus menurun, kemudian produk ini mudah dicari dipasaran.
Kekurangannya adalah mudahnya dihacking oleh para hacker untuk mencuri password pengguna wifi, Penggunaan baterai relative lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penggunaan standar, sehingga menyebabkan baterai cepat lemah atau habis dan menyebabkan panas.

Yang ketiga adalah Wimax kepanjangan dari (Worldwide Interoperability for Microwave Access).
Kelebihannya adalah memiliki kecepatan transfer data hingga 70 Mbps dan jarak jangkauan hingga 50 km, dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul, jaringan ini sangat cocok untuk kondisi low mobility namun high bandwidth.
Kekurangannya adalah sulitnya dalam menentukan frekuensi untuk jaringan ini, Harga peralatan infrastruktur yang masih sangat mahal, Dibutuhkan pengalaman untuk memasang perangkatnya, sedangkan untuk di Indonesia khususnya adalah peraturan yang belum siap untuk mengadaptasi teknologi ini karena kalau produsen peranti WiMax sudah membuat satu card PCMCIA atau berbasis USB dengan menggunakan standar WiMax Nomadic, maka perantinya akan mudah didapat di mana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar