Senin, 18 April 2011

Ada dokter dihandphone anda?


Ilmuwan di Amerika mengembangkan aplikasi yang mampu mendeteksi kanker lebih akurat dibandingkan teknik rumah sakit. Hebatnya, waktu yang dibutuhkan cuma satu jam jadi pasien tidak perlu berjam-jam bahkan berminggu-minggu untuk mengetahui hasil diagnosa seperti yang dilakukan dokter dirumah sakit pada umumnya. Waawww luar biasa.. Perangkat yang dikembangkan oleh Massachusetts General Hospital di Boston, Amerika Serikat, menciptakan aplikasi smartphone yang mampu terhubung dengan mesin miniatur MRI.
Cara kerjanya pertama aplikasi pada Smartphone dihubungkan dengan menggunakan mesin miniatur MRI (Magnetic Resonance Imagine), kemudian yang kedua pasien yang mengidap kanker dilakukan pengambilan sampel rambutnya menggunakan jarum kecil, yang ketiga para peneliti menambahkan contoh antibody untuk mengikat protein yang ditemukan dalam sel tumor perut. Partikel kecil magnet kemudian dipasang ke antibodi. Setelah itu Magnet tersebut lalu dimasukkan dalam mesin MRI untuk menstimulasi molekul dalam sample tersebut, lalu membuatnya bergetar. Semakin kencang molekul bergetar, maka semakin besar kemungkinan pasien tersebut mengidap kanker.
Aplikasi ini memudahkan dokter untuk menjalankan tugasnya dalam mendiagnosa pasiennya. Dan dari jurnal science tingkat akurasi aplikasi ini sudah mencapai 100%. Sangat luar biasa..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar